RPP SMP Revisi 2017 - RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.
Satuan Pendidikan : SMP N/SMata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi PekertiKelas/Semester : VII / Ganjil Materi Pokok : Manusia Citra AllahSub Materi : Aku Citra Allah yang UnikTahun Pelajaran : 2019/2020Alokasi Waktu : 3 JP ( 1 Pertemuan)A. Kompetensi IntiKOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Bersyukur karena dirinya diciptakan sebagai citra Allah
2.1 Percaya diri terhadap keunikan diri sebagai citra Allah
3.1 Memahami keunikan diri sebagai citra Allah
4.1 Melakukan aktivitas (menyusun doa/ membuat refleksi/ membuat puisi) yang mengungkapkan rasa syukur atas dirinya sebagai citra Allah
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Bersyukur karena dirinya diciptakan sebagai citra Allah
2.1.1 Menginventarisasi ciri-ciri yang menjadikan seseorang disebut unik.
3.1 1. Menjelaskan sikap-sikap yang muncul dalam menghadapi keunikan beserta dampaknya pada tindakan.
3.1 2. Menjelaskan makna manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1: 26-28.
4.1.1 Menyusun doa tertulis yang mengungkapkan syukur karena diciptakan Allah unik adanya.
C. Tujuan Pembekajaran :Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran peserta didik dapat:
1. Menginventarisasi ciri-ciri yang menjadikan seseorang disebut unik.
2. Menjelaskan sikap-sikap yang muncul dalam menghadapi keunikan beserta dampaknya pada tindakan.
3. Menjelaskan makna manusia sebagai citra Allah berdasarkan Kejadian 1: 26-28.
4. Menyusun doa tertulis yang mengungkapkan syukur karena diciptakan Allah unik adanya.
D. Materi PembelajaranAku Citra Allah yang Unik
1. Mengenali keunikan diri.
2. Sikap terhadap keunikan diri.
3. Manusia sebagai sebagai citra Allah yang unik.
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning, Kateketis
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok,Sharing, Refleksi
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Komputer/laptop
2. LCD projector,
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Whiteboard
6. penggaris
7. spidol
8. Perpustakaan sekolah
G. Sumber Belajar1. Kitab Suci: Kejadian 1: 26-28 dan Mazmur 8: 2-10.
2. Katekismus Gereja Katolik, Arnoldus, Ende: 1995.
3. KWI, Iman Katolik, Buku Informasi dan Referensi, Kanisius, Yogyakarta: 1996.
4. Komkat KWI, Membangun Komunitas Murid Yesus.
5.
Buku Teks Pendidikan Agama Katolik untuk SMP Kelas VII Kurikulum 2013 revisi 2017, 6. Cerita “Kado Tuhan”.
7. Pengalaman peserta didik
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian• Terlampir3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaana. Remedial- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan
RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini.
Untuk Mendapatkan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 lengkap silahkan klik
DISINI.