RPP SMK Revisi 2017 - RPP Pengetahuan Industri Migas Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan Program Keahlian Teknik Perminyakan Kompetensi Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Pengetahuan Industri Migas
Bidang Keahlian : Energi dan Pertambangan
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 2 Pertemuan)A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Teknik Pemboran Migas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Pemboran Migas Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.1 Memahami K3LH
4.1 Melakukan Identifikasi Kecelakaan di Lingkungan Kerja
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1 Menjelaskan Keselamatan kerja dan kesehatan Lingkungan
3.1.2 Menjelaskan persyaratan dan standar kesehatan lingkungan kerja
3.1.3 Mengidentifikasi prosedur keselamatan kerja dan pencegahan kecelakaan kerja
3.1.4 Mendeskripsikan symbol dan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja
4.1.1 melakukan identifikasi kecelakaan di lingkungan kerja
C. Tujuan Pembelajaran Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Keselamatan kerja dan kesehatan Lingkungan, Menjelaskan persyaratan dan standar kesehatan lingkungan kerja, Mengidentifikasi prosedur keselamatan kerja dan pencegahan kecelakaan kerja, Mendeskripsikan symbol dan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja, Serta Mampu melakukan identifikasi kecelakaan di lingkungan kerja dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tangung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranKeselamatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup
1. Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan
2. Persyaratan dan Standar Kesehatan Lingkungan Kerja
3. Prosedur Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan Kerja
4. Simbol dan Peralatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1.
Bahan ajar Pengetahuan Industri Migas 10 Kurikulum 2013 2. Bahan Ajar yang relevan
3. internet
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaiana. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
Download juga Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017