RPP SMK Revisi 2017 - RPP Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.
Satuan Pendidikan : SMK N/SMata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan KeprotokolanBidang Keahlian : Bisnis dan ManajemenKompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola PerkantoranKelas /Semester : XI /GanjilTahun Pelajaran : 2018/2019Alokasi Waktu : 18 JP ( 3 Pertemuan)A. Kompetensi IntiKI-3 (Pengetahuan) Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)3.1. Memahami Kehumasan
4.1. Melakukan pengelompokkan kehumasan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1. Menjelaskan ruang lingkup kehumasan
3.1.2. Mengidentifikasi fungsi kehumasan
3.1.3. Mengemukakan aspek-aspek kehumasan
4.1.1. Melakukan identifikasi ruang lingkup kehumasan
4.1.2. Melakukan pengelompokkan ruang lingkup kehumasan
C. Tujuan pembelajaranMelalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan ruang lingkup kehumasan, Mengidentifikasi fungsi kehumasan, Mengemukakan aspek-aspek kehumasan serta mampu Melakukan identifikasi ruang lingkup kehumasan dan Melakukan pengelompokkan ruang lingkup kehumasan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranRuang lingkup Kehumasan
1. Sejarah Humas/PR
2. Definisi Humas/PR
3. Fungsi Humas
4. Aspek-aspek Humas
5. Proses Humas
6. Manfaat Humas
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, dan Penguasaan
F. Media Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop/Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1. Bahan Ajar Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kurikulum 20132. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaiana. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian• Terlampir3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaana. Remedial- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan
RPP Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan
Perangkat Pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 lengkap silahkan klik
disini.