|
RPP Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti
Kelas /Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 /2020
Materi Pokok : Tuhan Pedoman Kehidupan Keluargaku
Alokasi Waktu : 15 JP ( 5 Pertemuan)A. Kompetensi IntiKI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1 Mengakui peran Allah dalam kehidupan keluarga 1.1.1 Menghayati dan memaknai peran Allah dalam kehidupan keluarga dengan menjunjung tinggi nilai kristiani
2.1 Mengembangkan perilaku tanggung jawab sebagai wujud pengakuan terhadap peran Allah dalam kehidupan keluarga 2.1.1 Mengembangkan perilaku tanggung jawab sebagai wujud dari pengakuan terhadap peran Allah dalam kehidupan keluarga
3.1 Memahami peran Allah dalam kehidupan keluarga 3.1.1 Menjelaskan pengertian dan bentuk keluarga
3.1.2 Menguraikan fungsi keluarga
3.1.3 Mengungkapkan peran Allah dalam kehidupan keluarga
4.1 Bersaksi tentang peran Allah dalam keluarganya 4.1.1 Menuliskan dan menyampaikan kesaksian pribadi tentang peran Allah dalam kehidupan keluarga peserta didik.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat Memahami pengertian, peran dan fungsi dalam kehidupan keluarga serta mampu Melibatkan Tuhan dalam Kehidupan Keluarga Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran1. Materi Pembelajaran Reguler
Tuhan Pedoman Kehidupan Keluargaku
• Pengertian Keluarga
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, keluarga berarti ibu dan bapak beserta anak-anaknya atau seisi rumah. Pengertian ini mengacu pada aspek antropologis yaitu manusia dalam lingkungan keluarga. Istilah keluarga berbeda dengan istilah rumah tangga. Rumah tangga lebih bersifat material ekonomis, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan urusan kehidupan dalam rumah, seperti belanja dan sebagainya. Definisi keluarga yang lain (Hendi Suhendi, 2001:80) adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang direkat oleh ikatan darah, perkawinan, atau adopsi serta tinggal bersama. Meskipun keluarga didefinisikan secara berbeda, namun terdapat kesamaan dalam rumusan yang berbeda.
Kesamaan itu mencakup ciri-ciri pokok, yakni:
a. Keluarga merupakan kelompok atau persekutuan sosial yang paling kecil.
b. Keluarga terbentuk apabila ada ikatan darah, perkawinan, atau adopsi.
c. Keluarga merupakan suatu persekutuan yang berawal dari dua orang yang
berbeda jenis kelamin yang diikat dalam ikatan pernikahan.
Terdapat dua bentuk keluarga dalam masyarakat, yaitu keluarga inti dan keluarga besar.
a. Keluarga inti (nuclear family, conjugal family, basic family), yaitu kelompok yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak; atau keluarga yang terdiri dari pasangan suami-istri dan anak-anaknya.
b. Keluarga besar (extended family, consanguine family), yaitu kelompok yang terdiri dari semua orang yang berketurunan dari kakek dan nenek yang sama, termasuk keturunan masing-masing istri dan suami. Atau dengan kata lain, keluarga besar adalah keluarga batih ditambah kerabat lain yang memiliki hubungan erat (hubungan darah) dan senantiasa dipertahankan, misalnya kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, kemenakan, dan sebagainya.
• Fungsi Keluarga
Adapun fungsi keluarga adalah sebagai berikut.(Suhendi, 2001:44-52)
- Fungsi biologis
- Fungsi sosialisasi anak
- Fungsi afeksi
- Fungsi edukatif
- Fungsi religius
- Fungsi protektif
- Fungsi rekreatif
- Fungsi ekonomis
- Fungsi status sosial
• Peran Allah dalam Kehidupan Keluarga
• Allah dan Keluargaku
• Melibatkan Tuhan dalam Kehidupan Keluarga
2. Materi Pembelajaran Remedial
• Peran Allah dalam Kehidupan Keluarga
• Allah dan Keluargaku
• Melibatkan Tuhan dalam Kehidupan Keluarga
3. Materi pembelajaran Pengayaan
Peserta didik diminta menuliskan pengalaman tentang peran Tuhan dalam kehidupan bersama keluarga yang pernah dirasakan dan akan dibahas pada pertemuan berikut. Misalnya, pengalaman selamat dari kecelakaan lalu lintas bersama keluarga.
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
3. Metoda Pembelajaran : ATM (Amati, tiru, Modifikasi) Diskusi/tanya jawab/Ceramah, Penugasan
F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran1. Bahan Tayang (Slide power point)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
G. Sumber Belajar1. Alkitab
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti Kelas XI Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti Kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Orientasi
• Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
• Mengatur tempat duduk
• Melihat kebersihan kelas,
• Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
(PPK Religius)Tuhan Yesus, Kepala keluarga
Engkau pedoman kehidupan setiap keluarga
Dalam Diri dan firmanMu kutemukan pedoman bahagia
Tolonglah kelas kami menemukan pedoman bahagia
Roh Kudus membantu kami melakukannya
Agar kami menjadi berkat bagi sesama terutama keluarga
Puji syukur dan hormat untuk Allah pencipta semesta
• Menyanyikan lagu “Keluarga cemara”
Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga
Selamat pagi emak, selamat pagi abah
Mentari hari ini begitu indah
Terima kasih emak, terima kasih abah
Penuh hati berkata dari kami putra-putri Yang siap berbakti
• Melakukan absensi,
• Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
(PPK: Disiplin)• Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
• Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
• Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
• Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
• Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
• Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
• Pengertian Keluarga
• Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
• Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
• Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
• Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
• Pembagian kelompok belajar
• Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan IntiKegiatan Pembelajaran