|
RPP Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Penerapan Rangkaian Elektronika
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018 / 2019
Alokasi Waktu : 21 JP ( 3 Pertemuan)A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Audio Video.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.1 Menerapkan komponen FET dan MOSFET sebagai penguat daya
4.1 Membuat rangkaian dengan menggunakan FET dan MOSFET sebagai penguat daya
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1. Menjelaskan macam- macam transistor FET
3.1.2. Menjelaskan pengertian komponen JFET
3.1.3. Menjelaskan karakteristik komponen JFET dalam rangkaian
3.1.4. Menjelaskan fungsi komponen JFET dalam rangkaian
3.1.5. Menjelaskan penerapan komponen JFET dalam rangkaian
3.1.6. Menjelaskan pengertian komponen D-MOSFET
3.1.7. Menjelaskan karakteristik komponen D-MOSFET dalam rangkaian
3.1.8. Menjelaskan fungsi komponen D-MOSFET dalam rangkaian
3.1.9. Menjelaskan penerapan komponen D-MOSFET dalam rangkaian
3.1.10. Menjelaskan pengertian komponen E-MOSFET
3.1.11. Menjelaskan karakteristik komponen E-MOSFET dalam rangkaian
3.1.12. Menjelaskan fungsi komponen E-MOSFET dalam rangkaian
3.1.13. Menjelaskan penerapan komponen E-MOSFET dalam rangkaian
4.1.1. Menggambarkan rangkaian penguat daya berdasarkan contoh
4.1.2. Menggunakan komponen FET dan MOSFET sebagai penguat daya berdasarkan contoh
4.1.3. Membuat rangkaian penguat daya dengan menggunakan komponen FET dan MOSFET dalam electrical software berdasarkan contoh
C. Tujuan PembelajaranMelalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik peserta didik diharapkan Menjelaskan macam- macam transistor FET, Menjelaskan pengertian komponen JFET, Menjelaskan pengertian komponen D-MOSFET, Menjelaskan pengertian komponen E-MOSFET serta mampu Membuat rangkaian penguat daya dengan menggunakan komponen FET dan MOSFET dalam electrical software berdasarkan contoh dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran1. FET
• macam- macam transistor FET
• pengertian komponen JFET
• karakteristik komponen JFET dalam rangkaian
• fungsi komponen JFET dalam rangkaian
• penerapan komponen JFET dalam rangkaian
2. D- MOSFET
• pengertian komponen D-MOSFET
• karakteristik komponen D-MOSFET dalam rangkaian
• fungsi komponen D-MOSFET dalam rangkaian
• penerapan komponen D-MOSFET dalam rangkaian
3. E- MOSFET
• komponen E-MOSFET
• karakteristik komponen E-MOSFET dalam rangkaian
• fungsi komponen E-MOSFET dalam rangkaian
• penerapan komponen E-MOSFET dalam rangkaian
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab,
Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Jakarta2. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga silabus Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan
RPP Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (C3) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman
DISINI.