|
RPP Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP Peminatan SMK Revisi 2017 - RPP Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenaglistrikan Kompetensi Keahlian Teknik Tenaga Listrik (C2) Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SMK N/SMata Pelajaran : Pekerjaan Dasar ElektromekanikBidang Keahlian : Teknik Ketenagalistrikan Kompetensi Keahlian : Teknik Jaringan Tenaga ListrikKelas / Semester : X/GanjilTahun Pelajaran : 2018/2019Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)A. Kompetensi IntiKOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)3.1 Menerapkan K3 sesuai manual standar Operasional prosedur di bidang pekerjaan elektromekanik
4.1 Menggunakan K3 sesuai manual standar operasional prosedur di bidang pekerjaan elektromekanik
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1 Menjelaskan perilaku dan sikap kerja yang aman
3.1.2 Menjelaskan tindakan pemeliharaan tempat kerja
3.1.3 Mengidentifikasi lingkungan kerja yang aman
3.1.4 Mengidentifikasi potensi yang berbahaya
3.1.5 Mendeskripsikan perlindungan personal
4.1.1 Menggunakan peralatan tangan dan listrik dengan aman
4.1.2 Melakukan pemadaman kebakaran
C. Tujuan Pembelajaran Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan perilaku dan sikap kerja yang aman, Menjelaskan tindakan pemeliharaan tempat kerja, Mengidentifikasi lingkungan kerja yang aman, Mengidentifikasi potensi yang berbahaya, Mendeskripsikan perlindungan personal, Serta mampu Menggunakan peralatan tangan dan listrik dengan aman, Melakukan pemadaman kebakaran dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranKeamanan kesehatan kerja (safety)
- Perilaku dan Sikap Aman
- Tindakan Pemeliharaan Tempat Kerja
- Lingkungan Kerja Yang Aman
- Potensi Bahaya
- Perlindungan Personal
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1. Bahan ajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X Kurikulum 20132. Lembar kerja
3. Bahan Ajar yang relevan
4. internet
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaiana. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian• Terlampir3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaana. Remedial- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Untuk mendapatkan
RPP Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenaglistrikan Kompetensi Keahlian Teknik Tenaga Listrik (C2) Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan lengkap perangkata pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan klik
DISINI.