RPP SMK Revisi 2017 - RPP Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Teknologi Dasar Perkapalan
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan Kapal
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 4 Pertemuan)A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-dasar Teknik Perkapalan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Teknik Perkapalan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.1 Memahami jenis-jenis kapal
4.1 Menyajikan tentang jenis-jenis kapal
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis kapal menurut fungsinya
3.1.2 Mengidentifikasi jenis-jenis kapal menurut menurut lambung dan gaya apung
3.1.3 Mengidentifikasi jenis-jenis kapal menurut penggeraknya
4.1.1 Menyajikan data hasil analisis berdasarkan pengamatan tentang jenis-jenis kapal
C. Tujuan Pembelajaran Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik peserta didik diharapkan dapat memahami dan menyajikan data hasil pegamatan tentang kapal menurut fungsinya, kapal menurut lambung dan gaya apung dan kapal menurut penggeraknya, Bahan pembuatnya dan kapal khusus dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranPengelompokan tipe kapal menurut fungsinya dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:
1. Kapal niaga dan komersil;
2. Kapal perang;
3. Kapal khusus.
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1.
Buku / bahan ajar Teknologi Dasar Perkapalan kurikulum 20132. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan
Download Buku Kerja Guru 1,2,3,4 Kurikulum 2013 revisi 2017
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Inti
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir