RPP SMK Revisi 2017 -
RPP Elemen Mesin dan Penggerak Kapal Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang
Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Elemen Mesin dan Penggerak Kapal
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan Kapal
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 40 JP ( 4 Pertemuan)A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Teknik Pemesinan Kapal pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Pemesinan Kapal.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.14 Memahami komponen-komponen Instalasi Penggerak Kapal
4.14 Menyajikan komponen-komponen Instalasi Penggerak Kapal sesuai dengan fungsinya
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.14.1 Menjelaskan pengertian komponen-komponen Instalasi Penggerak Kapal
3.14.2 Mengidentifikasi komponen instalasi tenaga penggerak kapal
3.14.3 Mengidentifikasi fungsi instalasi tenaga penggerak kapal
3.14.4 Mengidentifikasi komponen dan bagian box tranmisi (Gear box) tenaga Penggerak kapal
4.14.1 Menyajikan komponen-komponen Instalasi Penggerak Kapal sesuai dengan fungsinya
C. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini peserta didik di harapkan dapat menjelaskan komponen dan fungsinya masing-masing pada sistem instalasi tenaga penggerak kapal serta mampu Menyajikan komponen-komponen Instalasi Penggerak Kapal sesuai dengan fungsinya dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranKomponen-Komponen Instalasi Penggerak Kapal:
1. Sistem Penggerak
• Poros Trust (poros dorong)
• Poros penghubung
• Poros propeller dan tabung stern (buritan)
• Poros Propeller dengan peralatan naik /turun.
• Propeller (Kipas)
• Bantalan Karet Dalam Air. (Under Water Under Bearing)
2. Komponen Instalasi tenaga penggerak kapal terdiri dari :Mesin Utama, Gear box, Poros tekan, Poros penghubung/antara, Tabug stern, Propeller dimana Fungsi masing-masing pada komponen instalasi adalah sebagai berikut:
• Mesin Utama Fungsinya untuk menghasilkan tenaga putar
• Gear box fungsinya untuk merubah kecepatan/jumlah putaran dari mesin utama yang akan di transmisikan pada poros propeller
• Poros tekan fungsinya untuk menopang dorongan yang dihasilkan kapal selama gerakan maju dan mundur.
• Poros penghubung/antara berfungsi untuk menghubungkan poros dorong (trust shaf) dan poros propeller.
• Propeller. Untuk tujuan analitis, sebuah propeller dapat dibayangkan sebagai sebuah sekrup yang berulir besar. Bila berputar, propeller tersebut mengulir sendiri terhadap air, sedemikian rupa sehingga air membentuk seperti mur dan propeller membentuk seperti baut.Semua ini membuat kapal melaju.
• Tabung stern Bantalan yang ada dimana saat poros propeller keluar dari buritan kapal dinamakan tabung stern (stern Tube), dan menopang poros tersebut pada permukaan bantalannya oleh lignumvitae (kayu pok) atau oleh semacam potongan bantalan yang dimasukkan ke dalamnya.
3. Komponen dan bagian box tranmisi (Gear box) tenaga Penggerak kapal
• Gigi-gigi perubahan besar (reduksi/ perubahan arah putaran).
• Gigi Perubah Arah dan Gigi Perubah Jumlah Putaran
• Type-Type Gigi Perubah Arah
• Gigi perubahan besar (Reduksi) dan perubah arah putaran system hidroulik
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1. Buku / bahan ajar Elemen Mesin dan Penggerak Kapal kurikulum 20132. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Silabus Elemen Mesin dan Penggerak Kapal Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaiana. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian• Terlampir3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaana. Remedial- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk mendapatkan
RPP Elemen Mesin dan Penggerak Kapal Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal silahkan untuk filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman
disini.