RPP SMK Revisi 2017 - RPP Desain Media Interaktif Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Perangkat Pembelajaran Desain Media Interaktif Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017- Download RPP Desain Media Interaktif Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Jual RPP Desain Media Interaktif Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Desain Media Interaktif
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 39 JP ( 3 Pertemuan)A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Multimedia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.1 Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.1 Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1 Menjelaskan Definisi Multimedia Interaktif
3.1.2 Menjelaskan Manfaat Multimedia Interaktif
3.1.3 Mengidentifikasi tool multimedia dan penggunaannya
4.1.1 Menyajikan berbagai jenis multimedia interaktif
4.1.2 Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
C. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi pada bab ini, dengan melalui mengamati, menanya, pengumpulan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Definisi Multimedia Interaktif
• Menjelaskan Manfaat Multimedia Interaktif
• Mengidentifikasi tool multimedia dan penggunaannya
• Menyajikan berbagai jenis multimedia interaktif
• Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranKonsep Multimedia Interaktif
• Definisi Multimedia Interaktif
• Manfaat Multimedia Interaktif
• Tools dan penggunaannya
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1. Buku / bahan ajar Desain Media Interaktif kurikulum 20132. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir