Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi dan Properti
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 40 JP ( 5 Pertemuan)A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Konstruksi dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Bisnis Konstruksi dan Properti .
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.12 Menerapkan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai
4.12 Melaksanakan pekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.12.1 Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
3.12.2 Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
3.12.3 Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
4.12.1 Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
4.12.2 Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
4.12.3 Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
C. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini, dengan melalui mengamati, menanya, pengumpulan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
• Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
• Menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
• Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
• Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
• Melaksanakan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranPekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai
1. Tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap
• Memasang rangka atap
• Pemasangan Penutup Atap
• Memeriksa hasil pekerjaan rangka dan penutup atap
2. Tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan plafond
• Persiapan Pekerjaan
• Metode Pelaksanaan
• Kebutuhan bahan, alat dan tenaga
• Flow Chart Pekerjaan
• Analisa K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja)
3. Tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan penutup lantai
• Persiapan pekerjaan pasangan keramik lantai
• Pembuatan Lantai Kerja (Lantai Dasar)
• Tahap Pemasangan Keramik
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1.
Buku / bahan ajar Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti kurikulum 20132. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk