Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pengetahuan Bahan Makanan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Tata Boga
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 9 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Tata Boga.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga Analisis Dokumen SKL, KI, Dan KD Bahasa Inggris Kelas X SMK Revisi 2018 Terbaru
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)3.1 Menganalisis bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
4.1 Melakukan pemeriksaan kualitas bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian daging
3.1.2 Memahami karakteristik bahan makanan dari daging
3.1.3 Memilih bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
3.1.4 Menalar perubahan sifat-sifat bahan makanan dari daging akibat pengolahan
3.1.5 Menganalisis manfaat daging
4.1.1 Melakukan pemeriksaan kualitas bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
4.1.2 Mempresentasikan hasil pemeriksaan kualitas bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
C. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari dan mengikuti petunjuk ini serta bimbingan dari guru peserta didik di harapkan dapat :
• Menjelaskan pengertian dan manfaat dahing
• Memahami karakteristik bahan makanan dari daging
• Memilih bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
• Menalar perubahan sifat-sifat bahan makanan dari daging akibat pengolahan
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
D. Materi Pembelajaran
Daging dan Hasil olahnya• Pengertian Daging
• Manfaat Daging
• Komposisi Nutrisi daging sapi
• Daging Kambing dan domba
• Daging Sapi Glonggongan
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi kelompok,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Alat pengolahan makanan
7. Video/Gambar struktur dan potongan daging
G. Sumber Belajar1. Buku / bahan ajar Pengetahuan Bahan Makanan kurikulum 20132. Internet
3. Lingkungan sekitar
4. Buku teks pelajaran yang relevan
Download juga RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaiana. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk