RPP SMK Revisi 2018 Terbaru -
RPP Batik Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Batik
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 24 JP (3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami batik dan tekstil bermotif batik
4.1 Memilah batik dan tekstil bermotif batik klasik
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan batik dan tekstil bermotif batik
3.1.2 Menentukan ciri-ciri batik dan tekstil bermotif batik
3.1.3 Menganalisis perbedaan batik dan tekstil bermotif batik
4.1.1 Melakukan pemilahan antara batik dan tekstil bermotif batik klasik
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan batik dan tekstil bermotif batik, Menentukan ciri-ciri batik dan tekstil bermotif batik, Menganalisis perbedaan batik dan tekstil bermotif batik dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
Batik dan tekstil bermotif batik
• Pengertian Batik
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.
• Perbedaan Batik dan Tekstil Bermotif Batik
a. Kain batik adalah serat alam yang lebih halus;
b. Dari segi motif, bila membeli baju asli dari kain batik, maka ornament dan motif yang digunakan akan sangat berbeda satu dengan yang lainnya;
c. Dari segi harga, baju dengan bahan dasar kain yang langsung dibatik secara tradisional memang sangat mahal.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
7. Gambar/Video tentang batik
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Batik kurikulum 2013
2. internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk