|
RPP Tenun Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
RPP SMK Revisi 2018 - RPP Tenun Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/SMata Pelajaran : TenunBidang Keahlian : Seni dan Industri KreatifKompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan TekstilKelas / Semester : XI / GanjilTahun Pelajaran : 2019/2020Alokasi Waktu : 10 JP ( 2 Pertemuan)A. Kompetensi IntiKOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)3.1 Memahami tenun polos dengan ATBM
4.1 Mempresentasikan tenun polos dengan ATBM
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.1.1 Menjelaskan pengertian Tenun
3.1.2 Menjelaskan pengertian Tenun Polos Dengan ATBM
3.1.3 Menjelaskan jenis-jenis Tenunan
3.1.4 Menjelaskan Jenis-jenis Tenunan
4.1.1 Mempresentasikan tenun polos dengan ATBM
4.1.2 Menyajikan Produk Tenun polos dengan ATBM
Download juga RPP Jahit Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
C. Tujuan Pembelajaran Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan pengertian Tenun, Menjelaskan pengertian Tenun Polos Dengan ATBM, Menjelaskan jenis-jenis Tenunan serta mampu Mempresentasikan tenun polos dengan ATBM dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi PembelajaranTenun Polos Dengan ATBM
1. Pengertian Tenun
Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan azas (prinsip) yang sederhana yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian.
2. Jenis-jenis Tenunan
• Tenunan polos
Tenunan polos merupakan corak tenun yang paling sederhana, yaitu masing-masing dengan sebuah benang lusi dan benang pakan naik turun bergantian dan saling menyilang. ATBM atau mesin yang digunakan untuk tenun polos dapat menggunakan semua mesin berapapun jumlah gun atau kamrannya.
• Tenunan kepar
Benang pakan menyilang di bawah benang lusi, silih berganti. Pada tenun kepar titik pertemuan antara lusi dan pakan berjalan miring pada tenunannya. ATBM atau mesin yang digunakan untuk tenun kepar adalah yang memiliki minimal 3 (tiga) gun/kamran
• Tenunan satin
Pada tenunan satin , titik temu antara benang lusi dan pakan dibuat sedikit mungkin dan lagi pula titik temu harus dihamburkan dan dibuka terus menerus sehingga seolah-olah hanya benang lusi saja atau benang pakan saja yang mengapung di atas permukaan kain. Tenunan pada benang lusi dinamakan satin pakan. ATBM atau mesin yang digunakan untuk tenun satin adalah yang memiliki minimal 5 (lima) gun/kamran.
3. Contoh Produk Tenun
• Syal
• Keset
• Celemek dan Cempal
• Sarung Bantal
E. Metode Pembelajaran1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar1. Bahan ajar Tenun kurikulum 2013
2. internet
3. Lingkungan sekitar
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah PembelajaranKegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga RPP Sablon Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Dasar- Dasar Kreativitas Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Untuk mendapatkan RPP Tenun Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download atau unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik
Disini.